Pages

Friday, April 20, 2018

Bikin Kaos Komunitas Mobil sendiri

Buat komunitas mobil/motor yang baru terbentuk dan sudah pada pengen bikin kaos barengan, ga usah galau guys, kita ada solusinya nih. Pakai saja Jenis  kertas Transfer paper yang kemudian bisa di print dan di setrika ke kaos kalian nih, jadi bisa bikin kaos komuitas dalam jumlah cuman beberapa biji aja.

Berikut langkah-langkahnya :

Metode Transfer Paper yaitu metode sablon digital yang menggunakan media kertas khusus yang disebut “Transfer Paper”, di mana gambar atau desain dicetak menggunakan printer ke atas kertas khusus yang kemudian diaplikasikan ke kaos menggunakan mesin pemanas seperti setrika.



Transfer paper didesain khusus untuk mentrasfer gambar atau tulisan ke kaos polos dengan cara pemberian panas.

Bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat sablon dengan cara ini sangat sederhana, diantaranya:
1. Komputer dengan program pengolah gambar seperti Inkscape, Corel Draw atau photoshop.
2. Printer inkjet (tinta printer sebaiknya refill data print atau jenis tinta sublim untuk permukaan seperti kaos. Namun tinta biasa pun tak apa).
3. Kaos polos (cari yang berbahan halus, berwarna terang dan tidak bercorak) sebagai medianya. Jenis kain bisa kaos cotton, Polyester, polycotton, silk, kanvas, dan lain-lain.
4. Kertas karton.
5. Kertas anti bakar atau kertas roti dan juga alumunium foil.

Langkah pembuatan:
1. Cetak desain dengan pengaturan mirror atau reverse. Kebanyakan printer baru sudah dilengkapi dengan fitur Reverse. Jika tidak ada lakukan langkah ini di dalam program pengolah gambarnya. (Untuk caranya lihat panduan di bawah).
2. Tunggu sampai hasil cetakan kering.
3. Letakkan kaos yang akan disablon. Masukkan kertas karton ke bagian dalam kaos. Letakkan kertas t-shirt paper yang sudah berisi desain gambar di atas kaos.
4. Lapisi dengan kertas koran atau kertas anti bakar. Atau bisa dengan cara membalik kaos ketika disetrika untuk menghindari setrika bersentuhan langsung dengan gambar.
5. Kemudian panaskan dengan setrika. Jangan terlalu panas karena bisa menyebabkan lengket di setrika. Gosok secara merata selama kurang lebih 30 detik.
4. Buka kertas transfer paper secara perlahan.

Panduan untuk mirror atau me-reverse objek.
Untuk mencetak desain berteks, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah membalik objek teks tersebut. Untuk printer model baru umumnya sudah tersedia fitur Reverse di perangkatnya. Jika fitur reverse tidak terdapat di printer maka kamu harus membalik objek teks tersebut di aplikasi perangkat lunaknya.

Berikut adalah langkah untuk membalik objek teks dengan menggunakan program Inkscape.

1. Buat objek teks.
2. Klik objek teks, lalu pilih ikon Flip selected objects horizontally (H)
3. Perhatikan objek teks akan tampak seperti gambar di bawah ini.
sablon
4. Selanjutnya, cetak desain ke dalam kertas T-shirt transfer paper.

Sebagai tambahan informasi silakan lihat situs ini http://sun-indonesia.com/sun-next-generation-transfer-paper-dark-a4-2-pack-free-ongkir.html
catatan:
Untuk yang menggunakan kertas t-shirt transfer paper dark, desain gambarmu tidak perlu di-mirror.



SUN TRANFER PAPER DARK - Beli 2 Pack ( Free Ongkir )

Bagi anda yang berjiwa kreatif dan ingin tampil beda dengan gaya fashion anda sendiri, produk berikut solusinya. SUN Next Generation Transfer Paper Dark merupakan Transfer Paper utuk jenis kain katun berwarna gelap (Dark Cotton Fabric) dan terang (Light Cotton Fabric) dengan hasil cetak maksimal penuh warna,lebih cerah, dengan menampilkan detail gambar dan gradasi warna lebih tajam. Dengan bahan semi karet dan grammatur yang tipis membuat anda lebih mudah dalam pengaplikasiannya, terlihat lebih menyatu dengan media transfer, dan dengan kualitas lapisan Coating dan Elastisitas yang ditingkatkan membuat hasil cetak dan transfer tidak mudah pecah dan tidak mudah pudar.Dengan ketahanan 10-20 kali Cuci. Cocok bagi anda yang ingin tampil beda dengan gaya yang unik dari desain anda atau gambar tokoh favorite anda.

Untuk Spesifikasi lebih detailnya sebagai berikut :

Transfer Paper untuk Sablon ke kain berwarna Gelap dan Terang
Cocok bagi anda yang memiliki usaha Press Kaos, Topi, Celana,Sapu Tangan,dll
Compatible dengan tinta Dye, Pigment , Dan Art Paper.
Lebih Elastis dari Transfer Paper Di pasaran,dan Tidak Mudah pecah lapisan Coatingnya
Hasil Print lebih tajam dan secerah gambar aslinya
Tahan hingga 10-20 kali cuci
Uk A4 ( 21.5 x 29.7 cm )
isi 5 Lembar
Untuk hasil yang lebih maksimal dan memukau, pastinya menggunakan juga tinta berkualitas SUN sebagai berikut

SUN REVO INK 1 Set 100 ML (Tinta Smart untuk segala merk Printer) Gratis Ongkir Seluruh Indonesia
PIGMENT PRO INK 100 ML (1 SET 4 WARNA)
SUN DURA ULTRA ART PAPER INK 100 ML (SET 4 WARNA)