Pages

Wednesday, June 20, 2018

All New Avanza 2018, All Speculation In One Place

Masih seputar mobil MPV nih masbro, tepatnya Avanza yang merupakan mobil sejuta umat di Indonesia. Avanza telah bertahun-tahun menjadi mobil terlaris di Indonesia. Namun 4 bulan terakhir ini posisi Avanza sebagai mobil terlaris mulai tergeser oleh Xpander. Jadi tahun 2018 ini merupakan waktu yang paling pas bagi Toyota untuk meluncurkan Avanza baru. Mengingat Avanza terakhir ganti baju adalah 3 tahun lalu & saat ini muncul pesaing yang tidak bisa dianggap remeh.

Pihak Toyota meski menutup rapat-rapat mengenai informasi rencana untuk masa depan Avanza. Namun tidak menghentikan penggemar mobil MPV ini untuk mengira-kira seperti apakah rencana ke depannya dari seri Avanza. Spekulasi pun bermunculan dari berbagai pengamat otomotif. Dari berbagai spekulasi yang ada saat ini yang bisa dipastikan adalah Avanza X yang muncul sebagai varian baru Avanza di Malaysia tidak akan menjadi New Avanza 2018 untuk Indonesia. Perubahan Avanza X terlalu minor dibandingkan model Avanza yang ada saat ini. Dan terbukti model saat ini mulai ditinggalkan karena dianggap kuno oleh calon pembeli. Jika dibandingkan side by side dengan Xpander memang Avanza terlihat sangat kuno. Jadi kemungkinan Avanza X akan menjadi pengganti Avanza sangat kecil bahkan bisa dibilang tidak mungkin.




Spekulasi lain adalah DN Multisix yang dipamerkan Daihatsu pada GIIAS 2017 sebagai mobil konsep MPV 1,5L FWD 6 seater akan menjadi pondasi untuk desain baru Avanza - Xenia baru 2018. Hal ini secara bentuk desain tentunya lebih masuk akal. Karena desainnya telah tampil dengan bahasa desain yang lebih modern sesuai dengan selera pasar saat ini namun masih ada rasa yang cukup mirip-mirip dengan Avanza. Kemudian mengubah 6 seater menjadi 7 seater itu mudah. DN Multisix sebagai mobil konsep memang masih perlu dipoles agar lebih siap sebagai mass product. Tetapi merubah ciri khas Avanza yang RWD ke FWD termasuk sangat radikal. Meski FWD lebih unggul dari segi keiritan bahan bakar, namun dari segi kemampuan melewati medan tanjakan lebih lemah daripada RWD. Sementara RWD Avanza saat ini masih digolongkan irit oleh penggunanya. Dengan berganti ke FWD yang mengorbankan kemampuan menanjak belum tentu disukai oleh penggemar setia Avanza, kecuali perubahan ke FWD ini memberikan harga yang lebih ringan bagi calon pembeli.

Kami di Zerotrip memiliki spekulasi sedikit berbeda, bahwa Avanza baru nanti bisa jadi memiliki desain seperti DN Multisix namun tetap varian utamanya adalah RWD yang telah terbukti handal untuk kebutuhan MPV di Indonesia. Mengingat MPV selalu dijadikan mobil keluarga dan Indonesia yang masih termasuk rangkaian gunung api sehingga banyak medan bergunung-gunung yang memiliki tanjakan ekstrim. Sedangkan varian FWD muncul untuk segment harga yang lebih murah untuk bersaing ketat dengan Xpander. Varian RWD akan menjadi varian sport yang lebih powerful untuk melibas tanjakan.