Pages

Thursday, June 28, 2018

Customs Tangki Motor Dengan Water Slide Decal

Custom Tangki Motor dengan desain sendiri banyak diminati modifikator. Untuk membuat detail striping yang rumit saat membuat custom tangki motor adalah dengan menggunakan water slide decal. Keunggulan dengan menggunakan water slide decal adalah hasilnya sangat tipis, flexible, merekat kuat dan dapat dipadukan dengan teknis airbursh. Jadi Airbrush untuk pewarnaan dasar & detail yang besar-besar, sedangkan water slide decal untuk membuat detail kecil & rumit yang sulit dicapai dengan airbrush. Dengan menggabungkan airbrush dengan water slide decal dapat membuka detail baru yang sebelumnya sulit untuk dicapai hanya dengan airbrush saja.



Untuk membuat detail dengan water slide decal tentunya kita membutuhkan kertas khusus yaitu SUN Water Slide Decal dari SUN Indonesia dan sebuah printer inkjet. SUN Water Slide Decal ini tersedia dalam 2 macam yaitu dasar white (putih) untuk pemasangan pada warna dasar selain putih & opaque (transparant) untuk pemasangan pada warna dasar putih. Dari segi kualitas SUN Water Slide Decal ini adalah yang pernah dicoba dari semua merk water decal yang dapat ditemui di pasaran.

Untuk printer inkjet yang terbaik adalah yang tentu saja sudah menggunakan tinta pigment seperti PIGMENT PRO Ink yang terbukti kualitasnya. Namun jika hanya memiliki printer standard dengan tinta dye pun tetap dapat membuat water slide decal. Yang berbeda tentu saja saat menggunakan printer standard decal yang tercetak haruslah dilapisi dengan top coat clear dulu sebelum direndam dan dipasang, akibatnya menjadi lebih tebal. Jika menggunakan tinta pigment dapat langsung direndam untuk dipasang sehingga decalnya dapat menjadi lebih tipis & flexible. Selain itu keunggulan dengan tinta pigment adalah jauh lebih tahan sinar UV sehingga lebih awet untuk tangki motor yang tentunya sering terjemur sinar matahari.

Untuk langkah-langkahnya tentu semua dimulai dari membuat sketsa konsepnya terlebih dahulu. Kemudian sementara desain decal dibuat di komputer, sementara airbrush work sudah dapat dimulai pada tangki. Setelah keduanya siap baik decal maupun airbrush work, langkah selanjutnya adalah memasang decal sesuai dengan tempatnya pada desain custom tangki. Selanjutnya gunakan airbrush untuk menyamarkan batas antara tangki dengan decal sebagai final touch detailing.

Yang paling penting sebagai finishing agar hasilnya benar-benar tidak terlihat bekas antara airbrush work pada tangki dengan water slide decal adalah dengan memberikan 3 lapisan clear glossy. Setelah lapisan clear dibiarkan mengering sempurna dapat dipoles compound Ultra Fine sehingga hasilnya benar-benar tidak terlihat lagi batasan antara decal dengan tangki motornya. Jika hasil yang diinginkan glossy berarti proses pengerjaan sudah selesai. Namun jika menginginkan finishing doff harus melakukan 1 kali top coat clear doff. 

Dengan cara ini dapat mengerjakan secara lebih cepat karena pengerjaan yang lama dari custom tangki motor adalah pengecatan detail kecil. Dengan menggunakan decal, waktu yang diperlukan tersebut dapat dipangkas serta memudahkan. Untuk mendapatkan SUN Water Slide Decal seperti yang kami gunakan dapat langsung membeli pada link berikut ini. Selamat mencoba.