Pages

Friday, June 29, 2018

Polda Jatim Akan Menerapkan Test Tambahan Bagi Pemohon SIM

Setelah Polda Metro Jaya menerapkan test Psikologis bagi semua pemohon SIM baik baru maupun perpanjangan. Polda Jatim melalui Kabid Humas Kombes Pol Frans Barung Mangera juga akan segera menerapkan aturan yang sama untuk semua permohonan SIM di wilayah Polda Jatim. Menurut beliau sebenarnya Polda Jatim sudah siap untuk menurut aturan tersebut dan saat ini sudah memasuki kajian akhir sehingga belum bisa memberikan komentar kapankan aturan ini akan diberlakukan.


Penambahan test psikologis saat permohonan SIM  sebenarnya sangat baik untuk menilai kesiapan mental & emosi seseorang dalam membawa kendaraan, bukan hanya sekedar skill & pengetahuan mengenai peraturan lalu lintas saja. Nantinya test psikologis ini akan menjadi pelengkap dari test-test yang ada sekarang ini, yaitu test kesehatan, test teori, & test praktik bagi pemohon baru. Sedangkan bagi perpanjangan selain kelengkapan administrasi, lulus test kesehatan, nantinya juga akan ditambah dengan test psikologis ini. 

Meski adanya tambahan test ini dianggap menyusahkan bagi pemohon SIM. Namun perlu dipahami saat dijalan kita bukan hanya membawa nyawa milik diri sendiri & penumpang saja, ada pengemudi & pengguna jalan lainnya yang juga harus diperhatikan oleh setiap pengemudi. Karenanya kesiapan mental & emosi itu penting untuk masuk dalam prasyarat kepemilikan SIM.

Aturan ini bagus sekali tujuannya, semoga pada prakteknya tidak terjadi penyelewengan & suap yang akibatnya pengemudi yang sebenarnya labil & emosian menjadi bisa lulus test. Mari kita tunggu aturan ini diterapkan di wilayah Polda Jatim & lalu lintas di Jatim semakin safety riding.