Pages

Tuesday, July 31, 2018

Review & Compare Kertas Foto Inkjet

Masbro suka mencetak foto sendiri? Jika iya tentu masbro paham jika kertas foto berbeda merk dapat memberikan hasil cetak yang berbeda. Meski harganya mirip-mirip, kualitas kertas foto inkjet bisa sangat berbeda antara merk yang satu dengan yang lainnya. Selama ini Zerotrip menggunakan kertas foto Spectra dan cukup puas dengan hasilnya. Namun karena beberapa produk tinta serta bahan sticker kami menggunakan produk SUN Indonesia yang sangat memuaskan, kami akhirnya juga mencoba kertas foto dari SUN Indonesia yaitu SUN Glossy Photo Paper. Ternyata hasil cetaknya lebih baik dari Spectra.


Langsung saja ke perbandingan antara keduanya. Kertas Spectra & kertas SUN dari warna kertasnya saja sudah berbeda. Kertas SUN Glossy Photo Sticker terlihat lebih putih daripada Spectra Premium Glossy Paper. Kertas spectra terlihat lebih kuning. Mungkin ini adalah penyebab mengapa selama ini kami merasa meski hasil cetaknya bagus namun warna foto menjadi lebih kekuningan. Dengan kertas SUN yang baru dicoba ini warnanya lebih tepat tidak cenderung menjadi kekuningan maupun kebiruan.

Untuk ketebalan kertasnyapun berbeda. Untuk keterangan GSM yang sama kertas Spectra lebih tebal. Untuk GSM yang tipis tentunya ini bagus. Sayangnya untuk GSM yang tebal, kertas spectra menjadi disaster karena tidak dapat ditarik oleh printer dengan baik. Sementara kertas SUN Glossy Photo Papper tidak ada masalah pada GSM yang tebal misalkan 260 GSM.

Untuk warna cetaknya seperti yang sudah sedikit disinggung diatas warna dari kertas SUN lebih sesuai foto. Namun tidak hanya itu untuk sharpness juga lebih baik. Tampaknya kertas ini memiliki daya serap tinta yang lebih baik & lebih cepat kering. Sehingga hasil cetaknya dapat lebih sharp. 

Semoga review singkat & komparasi antara kedua kertas ini dapat menginformasi masbro.