Pages

Sunday, August 5, 2018

Forza 250, Skutik Premium Honda Siap Lawan X-Max


Di ajang GIIAS 2018 ini Honda tidak hanya meluncurkan bebek premium Super Cub C125 saja. Namun juga Forza 250 yang merupakan level up dari PCX 150. Forza 250 ini secara kelas adalah pesaing dari Yamaha X-Max yang sudah masuk  lebih dulu. Trend skutik bongsor saat ini memang sedang naik daun di tanah air, jadi timing Honda memasukkan Forza ini cukup tepat. Sayangnya secara harga Honda mematoknya pada harga 70 Jutaan, sementara pesaingnya X-Max masih pada kisaran 58 jutaan. Sedangkan faktor harga masih menjadi pertimbangan utama bagi sebagian besar konsumen Indonesia. Meski faktor brand tentu saja sangat berpengaruh, terutama karena ini kelas premium yang pengguna membeli karena faktor "gengsi".


Untuk Desain Forza lebih berkesan sporty daripada X-Max. Tampaknya Forza mengusung konsep penggabungan antara sporty & luxury. Jadi kesan mewah masih tetap kental namun ada unsur liar & agresif. Secara desain Forza sekilas seperti penggabungan antara PCX & Vario.

Fitur yang menarik adalah windshieldnya sudah otomatis menggunakan motor. Jadi tidak lagi diputar secara manual. Kemudian untuk lampu sudah full LED dengan daytime running light. Sudah menggunakan Honda Smart Key (keyless). Sistem pengereman juga sudah ABS dual channel untuk rem depan dan belakang yang tentu saja lebih aman daripada PCX yang hanya single channel untuk rem depan saja.

Untuk Warna saat ini Forza tersedia 3 pilihan warna yaitu Sword Silver Metallic, Mat Gunpowder Black Metallic, & Pearl Horizon White. Ketiga pilihan warna ini cukup keren, namun yang terlihat paling mewah adalah Sword Silver Metallic. Sedangakan Pearl Horizon White tampak paling anak mudah. Sedangkan Mat Gunpowder Black Metallic paling tampak sporty. Jika disuruh memilih & harga bukan masalah, masbro pilih Forza atau X-Max?