Pages

Thursday, August 16, 2018

Suzuki Bandit 150 Siap Kanibal Pasar GSX-S150

Penjualan GSX-S150 yang tidak pernah membukukan penjualan yang bagus sejak awal peluncurannya, tampaknya kini akan semakin terpesorok dengan kehadiran sodaranya Bandit 150. Dengan nama yang lebih agresif dan jok menyatu yang lebih nyaman untuk berboncengan dan penggunaan harian diharapkan mampu lebih diterima masyarakat. Dan tentunya pada bandit 150 ini Suzuki kembali menggunakan pricing strategy harga murah untuk menarik peminat. Meski strategy ini terbukti kurang berjalan baik pada GSX -S150 & GSX-R150. Bandit meletakkan harga Bandit ini dibawah GSX S150. Jadi untuk street naked bike 150 asal Jepang, Bandit bisa jadi yang termurah.



Pertanyaannya sekarang apakah strategy ini dapat berjalan?  Oke pricing strategy ini bisa berjalan jika brand Suzuki sendiri lebih baik dari posisinya sekarang atau kompetitornya tidak terjangkau oleh konsumen sehingga mereka mencari alternatif yang "mirip" dengan harga miring. Seperti awal-awal penetrasi android, saat itu posisi iPhone sangat kuat, harga iPhone yang dianggap tidak terjangkau membuat konsumen mencari alternatif yang lebih murah yaitu android.  Permasalahannya adalah CB150R & Vixion memiliki brand yang jauh lebih baik & meski harga lebih mahal namun masih terjangkau oleh konsumen berkat skema kredit yang agresif. Jika hanya mengandalkan pricing strategy saja tanpa perbaikan brand image dikalangan konsumen motor Indonesia yang terjadi adalah bukan Bandit 150 ini akan memiliki penjualan yang lebih baik dan memakan market share dari kompetitor Suzuki, namun justru bisa menghabisi pasar GSX S150 yang sudah keluar lebih dahulu & hanya terjual ratusan unit saja setiap bulannya untuk seluruh wilayah Indonesia.

Penyebab lainnya Bandit 150 ini bisa mengkanibal pasar saudaranya sendiri karena menggunakan mesin yang sama persis dengan GSX S150. Jadi semakin membuat alasan untuk membeli GSX S150 tidak ada. Karena keunggulan selain harga murah dari GSX S150 adalah mesinnya yang bertenaga & responsif banget. Jadi saat keunggulan ini diberikan ke adiknya Bandit 150 yang dijual lebih murah tentunya calon konsumen yang semula ingin GSX S150 akan beralih ke Bandit 150 yang terlihat lebih nyaman untuk harian & touring. Sedangkan calon konsumen CB150R & Vixion tentunya belum tentu tertarik untuk beralih ke Bandit 150. Karena bagi konsumen Indonesia selain masalah harga juga masih mempertimbangkan masalah "Gengsi". Gengsinya motor Suzuki saat ini dibenak konsumen belum ada.