Pages

Monday, January 14, 2019

Toyota Supra 2020, Love & Hate


Toyota Supra yang merupakan mobil sport legendaris dari Toyota. Yang mempunyai sejarah panjang sejak 1978. Hingga saat ini sudah ada 4 generasi Toyota Supra yang mengaspal sejak 1978. Dan sebentar lagi generasi ke 5 akan segera mengaspal. Bukti bahwa mobil sport asal jepang ini memiliki penggemar yang luar biasa dari kalangan kolektor mobil sport adalah, GR Supra pertama terjual melalui lelang dengan harga 2,1 Juta US Dolar. Harga ini tentu saja sangat tinggi. Selain harga lelang untuk pemilik GR Supra pertama yang sangat tinggi, bahkan harga bekas dari generasi ke-4 yang keluar pada 1993 hingga 2002 lalu masih terbilang tinggi. Popularitas Toyota Supra ini karena performanya untuk balap jalanan sangat terkenal dengan akselerasi yang sangat kencang dan kemampuan ABS yang paling efektif pada tahunnya. Bahkan kemampuan ABS Toyota Supra (A80) tak tertandingi hingga kemunculan Porche Carrera GT yang keluar pada dekade berikutnya. Tentu saja karena popularitasnya hingga mobil ini muncul dalam franchise film balap paling populer "Fast and the Furious"



Akhirnya setelah lebih dari 1 dekade dari terakhir kali toyota Supra (A80) diproduksi pada 2002 atau lebih tepatnya 17 tahun, generasi kelima (A90) akan keluar pada sejumlah negara di pertengahan tahun 2019 ini. Generasi ke-5 ini terlahir melalui join antara Toyota dengan BMW, terlihat ada rasa BMV Z4 Roadster dari GR Supra ini. Secara spesifikasi diatas kertas Toyota GR Supra ini sedikit diatas Supra (A80). Dengan horsepower yang sedikit lebih besar yaitu 15hp, torque sedikit lebih besar 50 lb-ft. Namun karena GR Supra ini lebih ringan dengan body yang lebih pendek, namun lebih lebar dan tinggi. Selisih specs yang terlihat kecil itu memberikan pengaruh yang cukup besar untuk waktu dari 0 ke 96,5KMH, GR Supra ini hampir lebih cepat 1 detik dari generasi sebelumnya. Untuk sebuah akselerasi selisih 1 detik tersebut cukup besar.

Tabel perbandingan antara A80 dengan A90

Seperti yang sudah disinggung diatas, GR Supra ini adalah hasil kerja sama Toyota dengan BMV sehingga secara desain terasa sangat berbeda dengan generasi sebelumnya yang muncul pada 26 tahun lalu. Nyaris tidak ada korelasi kedekatan desain diantara A80 Dengan A90. Perbedaan antara keduanya sangat mencolok. Sementara pada Supra generasi pertama hingga keempat masih dapat ditarik suatu benang merah desain. Karena penggemar Toyota Supra yang memiliki sejarah panjang ini sudah seperti sebuah "cult", tentunya perubahan desain yang sangat besar ini menimbulkan penolakan dari sejumlah penggemar fanatik. Namun penggemar mobil sport jalanan pada umumnya menyukai desain baru dari GR Supra yang seperti perkawinan antara filosofi Jepang dengan Eropa ini. Kalau menurut kami di Zerotrip perubahan desain ini tak dapat dielakkan, selain karena ini joint venture juga selisih antara kedua generasi ini sangat jauh & kami menyukai desain yang baru ini.

Bentuk Toyota Supra (A80) yang merupakan generasi sebelumnya.