Pages

Saturday, February 23, 2019

Tinta Refill Terbaik Untuk Kantor & Rumah

Kali ini Zerotrip ingin berbagi pengalaman mengenai tinta refill printer. Karena printer kini tidak hanya menjadi kebutuhan di kantor saja, bahkan juga menjadi kebutuhan di rumah. Terutama bagi keluarga yang memiliki anak usia sekolah, hampir semua tugas anak sekolah berupa tugas paper yang harus di cetak. Memiliki printer sendiri tentu lebih murah daripada harus mencetak tugas anaknya di tempat printing. Terutama saat ini printer inkjet dengan ink tank tidak hanya semakin murah, namun juga semakin banyak pilihan. Jika sebelumnya hanya epson saja yang mengeluarkan printer dengan sistem ink tank, kini canon, hp, & juga brother telah mengeluarkan printer dengan ink tank. Printer dengan sistem ink tank ini tidak hanya ekonomis bagi pengguna kantoran saja, tetapi juga bagi pengguna rumahan yang kebutuhannya mungkin lebih banyak untuk cetak tugas sekolah anak. 


Keunggulan dari printer dengan sistem ink tank ini adalah proses pengisian tinta yang mudah banget dan lebih jauh irit dibandingkan sistem cartridge. Namun tetap saja untuk tinta refill original masih  lebih mahal, sehingga alternatif tinta refill 3rd party banyak dicari. Karena dari segi harga tinta refill 3rd party yang berkualitas "baik" harganya tetap lebih murah dari tinta original. 


Tinta refill 3rd party memang memiliki kualitas yang beragam dan harga tidak dapat menjadi patokan. Yang lebih mahal belum tentu lebih baik. Dan yang memiliki harga serupapun kualitasnya sangat beragam. Setelah mencoba beragam merk tinta refill untuk keperluan di kantor, bagi Zerotrip tinta refill terbaik adalah REVO Smart Ink. Yang menurut zerotrip secara kualitas bahkan diatas tinta original dari pabrikan printer. 

Keunggulan utama yang paling penting adalah dari segi warna cetaknya yang vivid dengan detail cetak yang baik serta gradasi yang halus. Tingkat kecerahan warnanya bahkan lebih baik daripada tinta original, bagi yang sudah lama berurusan dengan cetak menggunakan printer inkjet tentu paham bahwa tinta original pada cartridge lebih baik daripada ink tank. Pihak pabrikan setelah mengeluarkan ink tank berusaha melakukan cost reducing untuk dapat menjual tintanya bersaing dengan tinta 3rd party. Akibatnya warna tinta original kini tidak sebagus jaman cartridge, yang bahkan tinta refill 3rd party seperti REVO Smart Ink mampu memberikan warna yang lebih bagus daripada tinta originalnya.

Keunggulan berikutnya adalah dari tinta ini aman untuk headprint. Sejak menggunakan tinta REVO untuk printer kantor yang digunakan rutin setiap work day ini tidak pernah bermasalah dengan headprint mampet. Sedangkan dari pengalaman saat menggunakan tinta original & juga tinta 3rd party merk lain, setelah beberapa saat, akan mulai bermasalah dan muncul garis sebagai tanda ada headprint yang mampet. Masalah tersebut biasanya dapat diselesaikan dengan head clean. Namun sering melakukan head clean selain membuang tinta juga membuat umur head printer menjadi lebih pendek. Jadi dengan tinta REVO yang lebih aman dan sangat jarang membutuhkan head print, membuat printer menjadi lebih awet.

Yang unik lagi dari tinta REVO ini adalah dapat digunakan untuk semua merk printer. Ini adalah yang pertama di Indonesia. Sebelumnya jika memiliki 2 printer merk berbeda, misalkan epson dan canon berarti harus membeli 2 tinta yang berbeda, satu khusus untuk epson dan satu lagi khusus untuk canon. Belum lagi dengan tinta lain tersebut jika salah mengisi tinta ke printer akan berakibat fatal karena akan dapat merusak printer. Dengan tinta REVO semua menjadi lebih praktis cukup membeli 1 set tinta bisa digunakan untuk semua printer yang ada di kantor. Hal ini tentunya selain lebih hemat juga mengurangi tinta tersisa di botol yang akhirnya terpaksa dibuang. Karena tinta setelah dibuka sebenarnya tidak dapat disimpan untuk waktu lama. Sisa tinta dalam botol biasanya mudah terkontaminasi debu dan dapat menyumbat head printer. 

Jadi bagi pengguna di kantor yang biasanya menggunakan banyak printer dengan beraneka merk, tinta REVO berdasarkan pengalaman zerotrip adalah sangat praktis dan meminimalkan salah mengisi printer dengan tinta yang tidak kompatibel. Salah mengisi printer dengan tinta yang tidak kompatibel adalah penyebab tertinggi kerusakan printer di kantor lho. Sedangkan bagi pengguna di rumah yang kebutuhan printingnya tidak setinggi di kantor, tinta revo ini memberikan keunggulan dari segi warna serta lebih awet untuk printer. Semoga sharing Zerotrip kali ini berguna untuk masbro atau sista yang sedang mencari tinta untuk printernya.