Pages

Saturday, March 16, 2019

Cetak Foto Makin Kece dengan Kertas Foto Bertekstur

Diluar otomotif, yuk kita ngobrol mengenai fotografi. Dunia fotografi tentu cukup dekat dengan penggemar otomotif. Terbukti dari setiap gathering dan juga touring, banyak peserta yang membawa kamera dengan dengan specs yang bisa dibilang kamera professional meski mereka bukanlah berprofesi sebagai fotografer. Bahkan beberapa memiliki skill yang cukup mumpuni layaknya fotografer professional. Ini menunjukkan dunia fotografi memiliki kedekatan dengan dunia otomotif. 

Di era yang serba digital ini, tentunya dunia fotografi telah bertransformasi menjadi digital yang sangat berbeda dengan era roll film. Tidak hanya cara kita dari mengambil foto hingga menikmati hasilnya yang berubah. Cara kita menyimpan foto telah berubah cukup draktis dari jaman era fotografi masih menggunakan roll film. Jika sebelumnya foto disimpan berupa foto tercetak dalam album foto, kini foto-foto lebih banyak tersimpan dalam media penyimpanan digital baik yang tersimpan dalam storage pribadi maupun di sosial media. Namun kebiasaan untuk mencetak foto masih tetap ada hingga saat ini. Dan tentu caranya telah berubah, jika sebelumnya harus mencetak ke lab studio foto kini semua dapat dilakukan sendiri dengan home printer.

Saat mencetak foto  sendiri dengan home printer, kualitas hasil cetak sangat dipengaruhi oleh kualitas tinta & juga kertas foto yang digunakan. Terutama kertas foto sangat mempengaruhi hasil cetak. Kertas Foto yang bagus tentu saja memenuhi 3 kriteria utama berikut ini :
  • Warna kertas dengan putih yang netral alias pure white. Hal ini sangat penting, karena dengan pure white maka hasil cetak dapat dipastikan sesuai dengan keinginan kita. Ada beberapa kertas foto dipasaran yang tidak pure white, misalkan warm white yang kekuningan maka hasilnya akan cenderung warm dan kulit tampak kemerahan. Sebaliknya ada pula kertas yang cool white, efeknya adalah hasil cetak akan cenderung cool dan kulit tampak ke biru-hijauan. Kertas foto dengan cool white & warm white tentu harus dihindari jika kita menngharapkan hasil cetak yang sempurna.
  • Hasil yang waterproof. Kertas foto yang ada kebanyakan adalah water resistant. Tentunya untuk foto-foto yang special haruslah tercetak dengan media yang waterproof.
  • Mampu untuk cetak high resolution & instant dry.

Salah satu kertas foto yang memenuhi 3 kriteria kertas foto yang bagus seperti diatas adalah Professional Silk Photo Paper Resin coated. Kertas foto ini bahkan tidak hanya memenuhi ke-3 kriteria tersebut. Bahkan memiliki beberapa keunggulan tambahan, seperti tersedia dalam 3 macam tekstur yang membuat hasil cetak foto dapat memiliki beragam mood yang menambahkan kreativitas kita. Tekstur yang tersedia adalah Canvas Texture dengan permukaan seperti kanvas lukisan, Satin Texture dengan permukaan doff yang seperti kain satin, & yang terakhir adalah Pearl Texture dengan doff halus yang memberikan ilusi seperti permukaan mutiara. Ketiga macam tekstur ini tentu memberikan feel hasil foto yang berbeda dengan kertas foto glossy.

Keunggulan lainnya adalah lapisan resin pada kertas foto ini. Dengan lapisan resin tidak hanya membuat kertas foto ini waterproof, namun juga menjadi tidak mudah sobek serta terlipat seperti pada umumnya kertas foto inkjet. Keunggulan lainnya dari resin coated ini adalah memberikan kesan mewah saat dipegang. Kertas menjadi terasa kokoh & terasa seperti hasil foto dari lab studio foto pada jaman fotografi masih menggunakan roll film. Tersedia dalam ukuran A4 & A3 tentunya memudahkan bagi yang memiliki printer A3 untuk keperluan cetak foto ukuran besar. 

Kertas foto Professional Silk Photo Paper Resin Coated ini memiliki keistimewaan yang berbeda dengan kertas foto inkjet pada umumnya. Umumnya kertas foto inkjet kompatibelnya dengan tinta Dye, sehingga jika dicetak menggunakan tinta pigment hasil cetaknya mudah terkelupas. Kertas Professional Silk Photo Paper Resin coated ini kompatibel dengan semua tinta printer inkjet, mulai dari tinta dye yang umum, hingga tinta professional seperti tinta pigment & tinta art paper. Sehingga kertas ini cocok untuk cetak foto professional yang ingin memberikan hasil cetak foto awet hingga bertahun-tahun dengan menggunakan tinta professional seperti PIGMENT PRO Ink & DURA ULTRA Art Paper Ultra Vivid Photo Ink. Semoga bermanfaat.