Pages

Monday, March 25, 2019

Peluang Besar Dengan Sublime Metal


Bisnis cetak sublimation memang menguntungkan dengan pengaplikasian yang sangat beragam dan juga permintaan yang cukup tinggi. Jika selama ini cetak sublimation lebih terkenal untuk sablon digital ke T-shirt atau untuk cetak ke Mug. Ternyata sublime printing ini memiliki potensi yang lebih luas lagi. Seperti yang baru saja dipaparkan secara gamblang oleh SUN Indonesia dalam kreatif workshop yang diberikan secara gratis kepada member SunMe mengenai potensi dari Sublime keatas media metal.
 




Sublimation pada bahan metal memberikan hasil finish yang unik dan kesan yang mewah. Dan belum banyak usaha digital printing yang memberikan jasa untuk printing sublime keatas metal. Pengaplikasian dari sublime metal ini tentu cukup beragam mulai dari untuk sertifikat, plakat, name tag, bahkan untuk foto pernikahan. Jadi potensi demand untuk sublime metal ini bisa dibilang besar dengan supply yang masih sangat jarang. Intinya jika masuk ke pasar ini sekarang tentu sangat menguntungkan dengan kompetitor yang belum banyak, istilahnya masih blue ocean.

Untuk melakukan sublime metal ini tentu saja tidak terlalu berbeda prosesnya dengan sublimation ke media lainnya. Sama seperti pada bahan keramik, untuk metal juga memerlukan pelapisan dengan polyester terlebih dahulu. Bisa menggunakan metal yang sudah pre-coat untuk lebih mudahnya.

Meski prosesnya tidak terlalu berbeda namun ada sedikit perbedaan saat melakukan sublime metal. Pertama tentu saja dari segi waktu pemanasan dan suhu pemanasan yang berbeda dengan material lain. Metal lebih mudah panas sehingga perlu ada penyesuaian dari segi pengatur waktu dan suhu alat heatpress. Perbedaan lainnya adalah dari segi warna, untuk metal yang sebelumnya tidak dicat warna dasar putih maka warna asli dari metal tersebut akan berpengaruh kepada hasil hasilnya. Misalkan untuk desain warna putih akan menjadi warna asli dari metal tersebut. Kemudian misalkan menggunakan bahan stainless steel dengan desain berwarna merah, maka hasilnya saat distainless stell akan menjadi merah yang lebih vibrant. Jadi dari segi warna harus ada penyesuaian, terutama jika menggunakan logam yang berwarna seperti brass (kuningan). Namun jika sudah dilakukan penyesuaian tentu hasilnya akan sangat menarik dan berbeda.

Tips lainnya untuk sublime metal adalah gunakan masking tape yang tahan panas untuk merekatkan kertas sublime ke bahan metal agar tidak bergeser saat di heatpress. Dan gunakan sarung tangan tahan panas untuk memegang hasil yang baru selesai di heatpress. Dan jangan terburu melepaskan kertas dari metal. Biarkan dahulu hingga dingin secara alami baru lepas kertas sublime dari metal tersebut.

Bagi yang tertarik untuk usaha sublime metal langsung saja ke link berikut untuk membeli alat & bahan-bahannya.