Pages

Monday, April 1, 2019

Tertarik LCGC, Beli Sekarang Sebelum Harga Naik

LCGC yang merupakan mobil murah rendah emisi selama ini tidak dikenakan PPnBM alias pajak barang mewah. Jadi selama ini LCGC bisa murah salah satu sebabnya adalah PPnBM 0% (tidak dikenakan pajak barang mewah). Namun karena PPnBM ini akan di revisi khususnya untuk otomotif, dari yang sebelumnya berdasarkan kubikasi menjadi berdasarkan emisi gas buang. Dari aturan baru ini LCGC yang sebelumnya tidak terkena PPnBM menjadi akan dikenakan PPnBM.



LCGC jika memenuhi persyaratan berikut, yaitu konsumsi bahan bakar minimal 20km/L (bensin) atau 21,8 km/L (solar) dengan emisi karbon sebesar maksimal 120 g/L baru akan dikenakan PPnBM 3%. Jika tidak mampu memenuhi persyaratan diatas, tentunya akan dikenakan PPnBM yang lebih besar. Untuk LCGC yang tidak mampu memenuhi syarat tersebut tentu akan dikenakan PPnBM yang lebih dari 3%. Masuknya PPnBM sebagai salah satu elemen harga tentu saja akan berdampak terhadap harga jual ke Konsumen. 

Dalam PPnBM baru ini insentif pajak yang sebelumnya diberikan pada LCGC akan dialihkan ke LCEV (Low Carbon Emission Vehicle). Yang termasuk dalam LCEV ini tentu saja kendaraan listrik & hybrid akan mendapatkan insentif pajak sehingga PPnBM menjadi 0%. Tentu saja dengan hadirnya insentif pajak ini akan membuat kendaraan listrik & hybrid menjadi lebih murah serta lebih terserap oleh masyarakat.

Namun yang berubah tentu saja dari PPnBM baru ini tidak hanya itu saja. Karena dari sebelumnya berdasarkan kubikasi sehingga membuat mobil mewah berkubukasi besar menjadi mahal akibat dikenakan 30%. Dengan aturan baru yang berdasarkan emisi ini, PPnBM sejumlah kendaraan mewah menjadi turun. Misalkan kendaraan berjenis Sedan, meski kubikasinya besar rata-rata mobil sedan saat ini memiliki emisi karbon yang sangat rendah sehingga dengan skema baru ini PPnBMnya justru turun dari 30% menjadi 10%.

Bagi yang hendak mencari kendaran LCGC baik untuk pribadi maupun untuk Taxol jangan tunda lagi, karena setelah aturan ini diterapkan harga pasti akan naik. Sebaliknya yang hendak meminang mobil mewah tentunya dapat menunggu aturan PPnBM ini diterapkan, karena PPnBM turun dari 30% menjadi 10%.