Pages

Tuesday, April 9, 2019

Thailand Kembali Mendapat Varian Baru CB150R


Thailand & Indonesia memiliki kemiripan untuk urusan otomotif. Seperti halnya Indonesia, di Thailand angka penjualan kendaraan roda dua cukup tinggi. Moda transportasi roda dua cukup digemari di Thailand. Karena itu Thailand & Indonesia sering menjadi anak emas perusahaan otomotif roda dua asal Jepang. Meski sama-sama tinggi, namun perbandingan pasarnya sedikit berbeda, jika Indonesia lebih menyukai motor untuk harian sehingga tentu saja tipe skutik mendominasi pasar. Di Thailand yang lebih disukai adalah motor yang bisa digunakan untuk balap jalan sehingga sport 150 hingga 250 cukup mendominasi.


Karena pasar Sport di Thailand sangat diminati sehingga pabrikan terutama Honda cukup banyak memasukkan varian Sport 150 khusus untuk pasar Thailand. Beberapa bulan lalu Honda baru saja meluncurkan CB150R ExMotion. Kini Honda kembali merilis varian baru CB150R di thailand sebagai upgrade dari CB150R ExMotion, yaitu CB150R Streetster. Secara desain & fitur keduanya bisa dikatakan sama persis dengan mengangkat style Neo Sport Cafe seperti yang diterapkan di CB1000R.

Perbedaan antara ExMotion dengan Streetster adalah dari segi stripping. Jika ExMotion adalah polos tanpa strip. Maka Streetster memiliki stripping yang membuat kesannya lebih sporty. Perbedaan lainnya adalah pada caliper rem cakram yang diberi warna merah menyala. Meski perubahan cukup minimalis, namun membuat desain ExMotion yang sebelumnya sudah bagus menjadi semakin bagus.

Fakta lain yang menarik dari ExMotion & Streetster adalah menggunakan mesin dari AHM. Jadi kedua motor ini menggunakan mesin buatan Indonesia dengan kode K56. Jika kita melihat dari data base AHM kode mesin K56 ini adalah mesin untuk Sonic 150 R bukan untuk CB150R Street Fire. Dengan menggunakan mesin buatan Indonesia semoga saja ExMotion segera mengaspal di Indonesia.